Selasa, 24 Maret 2015

Sejarah Ask





PENGERTIAN ASK 

Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Pada Search Engine Ask.com ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan semua jenis search engine yang ada selama ini. Sistem kerja dari search engine ini adalah
1.      Dengan meng-copy atau melakukan penyimpanan terhadap setiap bentuk data – data yang dimiliki olah sebuah website.
2.      Hasil dari kopiannya tersebut lalu dimasukkan / disimpan dalam database yang terdapat pada search engine itu sendiri.
3.      Dari hasil penyimpanan database tersebut maka akan tercipta suatu bentuk kata – kata kunci yang gunanya nanti untuk menghubungkan dengan data-data yang ingin dicari.
4.      Sifat kerjanya adalah dengan mencocokkan kata – kata kunci tersebut dengan data – data yang terdapat pada databasenya tersebut.
5.      Setelah melakukan pencocokan kata – kata kunci dengan data – data yang tersimpan pada databse maka search engine tersebut akan segera menampilkan semua bentuk dari data – data yang kita cari yang sekiranya memiliki nama atau judul dengan kata – kata kunci yang kita masukkan.
6.      Selanjutnya adalah tugas kita untuk memilih data apa yang akan kita buka. Setelah kita memilih maka secara otomatis search engine akan segera menghubungkan kita dengan website yang datanya terdapat dalam database search engine dan yang kita sudah pilih tadi.
7.      Search engine selalu melakukan pembaharuan database dengan secara berkala melakukan “monitor” terhadap website – website yang ada di seluruh dunia maya ( internet )
8.      Hasil dari pembaharuan yang terjadi pada suatu website akan segera dicocokan dengan database search engine dan kemudian dilakukan penyimpanan jika ditemukan bentuk pembaharuan atau perubahan dari waktu yang sebelumnya.
9.      Pada search engine Ask ini sekarang memiliki versi terbaru yang kecepatannya 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya
SEJARAH ASK
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.

Ask.com kantor pusat di Oakland, California
Pada tahun 2005, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves. Pada tanggal 27 Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com, dan dinyatakan akan “masuk
untuk pensiun.” Edisi Inggris / Irlandia dari website, di uk.ask.com, jelas membawa karakter kembali pada tahun 2009.
InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk negara-situs tertentu untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol bersama dengan Ask Kids, Teoma (sekarang ExpertRank [5]) dan beberapa orang lain. Pada 5 Juni 2007 Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D. [6]
Pada tanggal 16 Mei 2006, Tanyakan menerapkan “Teropong Preview Site” ke dalam hasil pencariannya. Pada halaman hasil pencarian, “Teropong” biarkan pencari menangkap menyelinap mengintip dari halaman mereka bisa mengunjungi dengan mouse-over screenshot mengaktifkan pop-up. [7]
Pada bulan Desember 2007, Tanyakan merilis fitur AskEraser, [8] yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakan permintaan pencarian dan IP dan nilai-nilai cookie. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan jika pilihan AskEraser tidak diatur. HTTP cookies harus diaktifkan untuk AskEraser berfungsi [9]. [10]
Pada 4 Juli 2008 InterActiveCorp mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group, yang memiliki Dictionary.com, Thesaurus.com, dan Reference.com. [11] [12]
Pada 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup-beta Q & A layanan. Layanan ini dirilis ke publik pada 29 Juli 2010 [13]. Ask.com meluncurkan ponsel Q & A app untuk iPhone pada akhir tahun 2010.

0 komentar:

Posting Komentar